Nisma Hiddin – Para Bidadari Kecilku

Ceritaku di hari yg paling kunanti Rabu , 20 Januari 2013……hari menginspirasi bidadari2 kecilku di SDN 01 Rawa Badak Selatan.

Pagi buta kujelang ‘Kelas Inspirasi’ diSDN 01 RBS… sudah beberapa hari ini mencoba berpikir tehnik apa yg harus kulakukan nanti karena kelas2 yg rencana kuisi adalah kelas kecil ( kls 1 sampai 3) dengan jumlah 5 kelas yg masing2 kelas antara 35-40 siswa didik dlm 5 jam kedepan …cukup padat (*geleng2)

Sebagai dokter yang bekerja pada pemerintah (pemegang program Jiwa & Napza di Puskesmas) dan bertugas sebagai fasilitator Nasional Kemenkes utk Anak2 dengan ketergantungan Narkotika , tentunya hal yg biasa tapi tidak terbayang mengajar anak 2 usia 7-9 tahun…ada beban disana…
Mampukah membuat ‘scar’ dijiwa dan pikiran mereka bagaimana meraih mimpi2 mereka ? Cita2 menjadi dokter sudah menjadi rahasia umum karena hampir semua anak menjawab profesi itu jika ditanya ‘Apa cita2mu kelak ‘nak ?’ (pertanyaan yg dilakukan oleh sobat2ku ketika survey)….(pfff..*menghela nafas)

Apel pagi pukul 06.30 adalah rutinitas mereka…haru mendera ..air mata terasa mengambang dipelupuk mata…sekelebatan dari sudut mata dan terdengar salah satu ibu guru setengah memberi ancaman akan menjewer jika sulit diatur kepada calon murid kecilku karena mereka memang cukup aktif…(addduuuhhhh…!!!)

Apel berlangsung dengan tertib dan mulailah bapak Kepala Sekolah memberi wejangan dan pengumuman bahwa hari ini mereka akan belajar bersama kami .
Kucoba mengakhiri apel dengan mengajak melakukan yel-yel…. luarrbiasaaa semangatnya dan riangnya mereka meneriakkan ..’Yes’..’Yes’…!!! Dan jadilah kegaduhan….hahaha !!! (Maaf ya bapak ibu guru jd sibuk menurunkan emosi mereka yg begitu menggebu…pis ah !!)

Memasuki kelas pertamaku kls 2 A dengan senyum, salam dan sapa… kucoba mengajar dg melakukan permainan yg sdh kusiapkan dari rumah (boneka tangan, bola ) dan melakukan tehnik2 Bang….wowww !!! Anak2 begitu riang dan bersemangat kr tentunya hal yg baru buat mereka….kami melakukan ‘power whoosh’…’light camera action’…’drum roll’…’hi -hallo’ ….and soon.(terimakasih banyak Indonesia Mengajar utk tipsnya). Kls kedua sampai kelima yg sdh dijadwalkan adalah kls 1A , 3A, 2B dan 1B. Tapi ternyata ada request dari kls 5 , mereka ingin diisi oleh dokter. Jadilah hari itu mengajar 6 kelas….*wuiihhh puas

Dari semuanya kesulitan memang ada dikelas 1, seusia mereka memang mengajak belajar dg cara memberi kegiatan bermain …(alhasil mandi keringet..) Paling mudah memang kelas 5 karena pada umumnya kami (Dinas Kesehatan) memang membina Dokter Kecil diusia tsb ditiap2 sekolah diDKI Jakarta. Ada pesan yg kutitipkan pada mereka untuk meraih mimpi mereka…dg cara : Jujur,Kerja keras, Pantang Menyerah , Mandiri dan Menghormati Orgtua-Guru.

Letih ….karena rasanya memang kami ‘all out’.Kertas impian (menggunakan post it) sudah ditempelkan pd flipchart dan kami hiasi dg tempelan kupu2 …betapa riang & bahagianya mereka.

2 pertanyaan yg dikirimkan pak Anies Baswedan pd saya melalui sms yg amat menggelitik.
1. Seandainya anak Anda berusia anak SD, apakah Anda mau mengirim anak Anda sekolah di sini? Mengapa?
2. Apa yang paling Anda syukuri melihat kenyataan yang terjadi di sekolah hari ini?

Tentunya …Hambamu ini ya Allah…hari ini adalah mahlukMu yang senantiasa mengucap ‘hamdallah’…bersyukur diberi kemudahan mendapat izin dari kantor (secara pegawainya ‘ahok’ susah izinnya)….bersyukur dapat kesempatan mengajar di Kelas Inpirasi….bersyukur sebagai orangtua diberi kemampuan ‘lebih’ dapat menyekolahkan anak2 ku disekolah yang memiliki guru2 muda, energik, mengajar dg profesional (mengajar tdk sekedar sebg bekerja)….tentunya berbanding lurus dg biaya sekolah.

Sebagai dokter yang bekerja diPemerintah yang juga ditugaskan mendidik kesehatan anak2 sekolah hari ini juga mulai membangun mimpiku sendiri. Keinginanku lebih ingin ‘memimpin’ agar dapat mengeluarkan kebijakan ..sekolah negeri pun harus bisa mengajar dengan tehnik membangun mimpi seperti hari ini…bahwa cita2 bukan hanya dokter, polisi ataupun guru
…bahwa mimpi mereka pun mampu raih jika ada kerinduan datang kesekolah karena mereka mendapatkan keceriaan ditempat belajar mereka…DAN BUKAN KARENA TERPAKSA BELAJAR

Hari ini telah kucoba membangun impian mereka agar mampu bermimpi besar. Hari ini kubagikan keceriaan agar mereka mampu optimis dalam belajar. Dan Hari ini pun bukan hanya mereka yang harus punya mimpi …Hari ini kurajut juga impianku yaitu Dokter yang berperan sebagai ‘Agent of Change, Agent of Development and Agent of Treatment’

Terimakasih Indonesia Mengajar .Hal kecil memang yang kita coba lakukan dari pikiran2 besar kita namun nilai yang terkandung didalamnya sungguh ‘Tak Ternilai’. Ijinkan saya untuk selalu dapat kesempatan ditahun mendatang dengan kelas yg sama ‘Kelas Inspirasi’.

Salam Perubahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s