Hasil rapat 13 februari 2013

Alhamdulillah rapat 13 februari sudah terlaksana dengan asyik di Urban Kitchen Senayan City. 7 orang menghadiri, dan semua point sudah dibicarakan. berikut point point rapat

  1. hasil survey selasa 12 februari 2013
  2. teknis pembagian kelas
  3. time keeper dan timing mengajar
  4. peralatan penunjang, dan lain lain
  5. meeting selanjutnya

kita akan elaborasi satu persatu

hasil survey 12 februari 2013

infrastruktur sekolah sangat baik. kelas dan sarana prasarana seperti meja, kursi, papan tulis, ruang kelas, tersedia dalam keadaan baik. sekolah berbentuk letter U. musholla, kantin, dan toilet tersedia juga dalam keadaan bersih. ruang kepala sekolah (yang terlalu nyaman-versi mba ayu) bisa digunakan sebagai ruang istirahat kita ataupun ruang berkumpul ketika pagi hari (baru tiba di sekolah). adik adik bertipe berisik, namun tertib jika didisiplinkan. agak sedikit kurang motivasi belajar, jadi kita harus semangati mereka. jam upacara adalah jam 0630. mulai belajar jam 0700. kelas 1a 2a 3a selesai sekolah pukul 0900. kelas 1b 2b 3b mulai sekolah pukul 1000 dan selesai pukul 1200. istirahat sekolah pada jam 0930-1000. lebih detail pembagian kelas untuk kita ajar, nanti di tabel (point #2)

teknis pembagian kelas

peserta meeting (diharapkan yang lain juga) setuju untuk membagi para pengajar ke dua kelompok, kelompok kecil dan kelompok besar. kecil akan menangani kelas 1-3 saja, dan besar akan menangani 4-6 saja. keuntungannya ada beberapa, misalnya, kita ngga perlu menyiapkan 2 modul (modul kelas kecil dan kelas besar, karena kelas 1 dan kelas 6 cara mengajarnya harus dibedakan dong pastinya). keuntungan lainnya adalah lebih fokus pada satu kategori (kecil atau besar).

perhatikan tabel berikut

tabel pengajar

tabel pengajar

nah setiap P01 sampai P12 itu nanti akan diganti dengan nama kita, karena kita pas ada 12 orang. sekarang, kita pilih aja masing2, siapa mau jadi P berapa. first come first serve, dan ingat P01-04 di kelas kecil. time keeper kita juga bikin dua, agar efisien. jadi setiap slot ajar (30 menit) akan ada 2 time keeper dan 1 cadangan, untuk hal hal tak terduga. ayo ayo dipilih.

semua ngerti cara baca tabel nya ? di kiri adalah kelas, di atas adalah slot jam mengajar. oh iya, dalam setiap 30 menit, kita bagi lagi pada : 5-20-5. artinya 5 menit pertama dan terakhir akan disiapkan untuk transisi, istirahat kilat, dan peregangan (siapa tau pegel. hehe). atau sekedar ambil nafas, atau ke toilet juga perlu kan mungkin.

time keeper dan pembagian waktu

sudah dijelaskan di point #2 diatas

peralatan penunjang dan lain lain

kita setuju untuk memandirikan (bener ga sih kata nya) setiap metode pengajaran, BANG!, atau pun alat penunjang pengajaran. jika yang memerlukan membawa alat-alat khusus, mohon disiapkan sendiri. kecuali LCD dan infocus yang mungkin tersedia di sekolah. jika memerlukan LCD dan infocus, mohon didata pada ketua (kak satu) untuk nanti diatur jadwal penggunaannya dan di kelas mana nya.

meeting selanjutnya

di kafe hijau mba Ayu di kawasan Terogong, Pondok Indah. hari sabtu 16 feb 2013 pukul 1400 sampai selesai. agendanya adalah : review akhir, dan role play mengajar (beserta time keeping).

 

lets have fun with the kids ! ^_^

SCL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s